top of page
  • Writer's pictureArya Kahar

Must Watching: Lana Del Rey – West Coast


image

Akh, perempuan ini. Memabukkan sekali. Asli, ngilu sendiri dengerinnya. Ada sesuatu yang menyentil secara seksual dari cara Del Rey membawakan lagu ini. Suaranya seperti merintih tapi dia mampu menariknya kembali dan membuatnya seperi terengah-engah dan mendesah, menciptakan snarky, estetika seksual, terdengar sangat Del Rey sekali. Haha. Apalagi di bagian “I’m singing ooh baby ooh baby I’m in love,” itu berat dan lambat sekali, rasanya seperti berada di momen yang benar-benar intim, memasuki ruangan yang sesak dan penuh kabut asap. Berputar-putar. Sampai pusing sendiri di lantai. Memabukkan.

Dari musik, perubahan tempo West Coast ini jenius, naik turun, gondal gandul tak karuan, seperti dada perempuan tanpa BH (apasih?), kita dibuai dalam dimensi tanpa dasar selama 4,25 menit namun anehnya itu terasa sangat menyenangkan. Saya sendiri paling suka dengan bagian pelannya, kalo kata bule mah ‘Listening to the slow part is how i get high.’ Aseekk. Yang kurang srek di hati cuma satu, yaitu melodi insert yg menyerupai part gitar Lennon pada And I Love Her milik The Beatles. Ruang yang tadinya dibayangkan luas banget tiba-tiba menyempit setelah nemu suara yang itu-itu saja. Akh.


image

Yang mengejutkan adalah beat2 awalnya, gulungan drum lurus sampai ke riff gitar khas blues lawas (sepertinya dari jenis Stratocaster) gila-gilaan mengingatkan saya dengan debut awal The Black Keys yaitu The Big Come Up. Saya sampai dua kali mengulang beat awal itu untuk memastikan bahwa apa yang saya rasakan itu benar. Setelah dikroscek lebih jauh ternyata Del Rey memang berkolaborasi dengan Dan Auerbach, vokalis gitaris pianis dan apa-saja-is duo The Black Keys, khusus untuk pengerjaan album Ultraviolence-nya ini. Perpaduan yang syedap. Auerbach datang dengan groove funk era 60’an mengimbangi selera musik tempo dulu Del Rey, hasilnya seperti Pop dan Blues Females awal namun tetap terdengar trendy alias modern alias kekinian dengan drum yang kuat nan funky. #recommendeath

Saksikan video lengkapnya di sini: https://m.youtube.com/watch?v=oKxuiw3iMBE

1 view0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page