top of page
  • Writer's pictureArya Kahar

Rumah Kosong


image

Rumah di foto ini berada persis di samping rumah saudara sepupuku. Sepengetahuanku, sudah kosong sejak 2 tahun lalu (2013), kali pertama aku datang ke sini.

Senasib dengan rumah tanpa penghuni pada umumnya, kondisi rumah yang terletak di hunian Bukit Cimanggu City blok T, Bogor, Jawa Barat ini jadi terbengkalai karena tidak terurus. Bagian bangunan jebol menjelma pintu dan jendela ekstra. Cat dinding terlihat seperti luka dan borok yang mengelupas. Bahkan, sudah tanpa atap sama sekali. Benar-benar telanjang.

“Bekas penghuni atau orang dari pihak perumahannya ga pernah ada yang ke sini. Pernah waktu ada maling, saya nyari di situ (rumah kosong tadi) siapa tau ngumpet. Eh, bukannya nemu maling malah nemu kondom bekas, mana bau pesing lagi.” cerita Dedi, salah satu satpam perumahan. Rumah kosong biasanya memang sudah menjadi sasaran bagi orang yang ingin berbuat mesum, mengkonsumsi narkoba, minum keras, mengubur mayat, atau melakukan kejahatan lainnya yang otomatis membuat keamanan di sekitarnya ikut terancam. Hal seperti ini jarang dipikirkan oleh warga.

Alih-alih bergotong royong membersihkan dan menjadi pahlawan untuk lingkungan sekitar, warga sekitar malah kompak menyebar cerita tentang berpuluh-puluh jenis makhluk halus, setan, dan jin yang dikaitkan rumah kosong tadi. Tak tahulah darimana asalnya itu. Fungsinya? Untuk mencegah anak-anak yang masih kecil keluar malam. Yes, it works. But, c’mon….

Mudah ditebak, rumah ini akhirnya dinobatkan sebagai “rumah angker”. Di waktu malam, saat sunyi senyap dan gelap menguasai, rumah ini memang menyeramkan. Yah, begitulah hasilnya. Tapi, pagi ini aku tidak setuju. Yang kulihat adalah hutan belantara mini. Menarik dan hidup. Lebih jauh ke dalam, mungkin akan ada keindahan lain yang tumbuh liar dan menunggu untuk ditemukan. Sebelum itu, kita perlu menerobos rumput liar dan dedurian. Beranikah?

0 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page