top of page
  • Writer's pictureArya Kahar

Video Musik “Upside Down & Inside Out”, OK Go di Gravitasi Nol.


image

OK Go di Gravitasi Nol.


“What you are about to see is real. We shot this in zero gravity, in an actual plane, in the sky. There are no wires or green screen.” pernyataan itu disampaikan di awal video yang diluncurkan OK Go untuk single “Upside Down & Inside Out” dari album mereka, Hungry Ghost.



Setelah hadir lebih dari satu dekade lalu dengan kejenakaan “video treadmill“, video musik untuk lagu “Here It Goes Again” yang telah dikunjungi lebih dari 29 juta kali di dunia maya, dan bahkan berhasil meraih Penghargaan Grammy untuk Video Musik Terbaik pada tahun 2007 silam, OK Go sepertinya tak pernah puas mendobrak batasan tentang apa-apa saja yang bisa dilakukan dalam video tiga menit.

OK Go, band beraliran rock alternatif asal Chicago ini lagi-lagi membuat sesuatu yang tidak biasa, sebuah video musik anti-gravitasi. Difilmkan di langit Rusia dalam pesawat khusus yang biasa digunakan untuk melatih para kosmonot, terbang dengan manuver parabola untuk memberikan sensasi keadaan tanpa bobot, atau biasa dikenal dengan “gravitasi nol”, dan merampungkannya hanya dalam satu kali pengambilan gambar. One take shot. Tapi, dengan persiapan dan latihan selama 3 minggu sebelumnya di ROSCOSMOS, agensi pemerintah yang bertanggung jawab untuk program ilmu angkasa dan riset aeroangkasa umum di Rusia. Hehe..

Diakui oleh Andy Ross, gitaris OK Go, ide untuk membuat video musik anti-gravitasi seperti itu telah lama ada di kepala mereka bahkan sudah masuk dalam daftar keinginan mereka selama bertahun-tahun. Setelah tampil di Cannes Lions Festival di Prancis tahun lalu, akhirnya terbuka jalan untuk itu, singkat cerita, dalam media event mereka dipertemukan dengan orang dari Penerbangan S7 Rusia, yang juga menjadi sponsor video ini. Dan, dari situlah petualangan dimulai..


image

OK Go dalam Perjalanan Pesawat di Gravitasi Nol.


Warna-warni balon dan percikan cat, boneka pinata, bola disko, pramugari cantik yang menari, serta aksi akrobatik para musisi gila dari band itu sendiri membuat video ini tak hanya menarik dan menularkan kebahagiaan, tapi juga menggambarkan keceriaan atas ketinggian baru yang mereka berikan untuk standar video musik pada umumnya. Sejak dibagikan di akun Facebook resmi OK Go Kamis, 11 Februari kemarin, video berdurasi 3 menit 21 detik ini sudah disaksikan lebih dari 3 juta kali.

Penasaran? Untuk menyaksikan video lengkapnya, silahkan klik di sini.

0 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page